Grafik Komputer
Adalah
suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model
berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan
struktur abstrak atau juga bisa disebut dengan proses untuk menciptakan suatu
gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada
gambar. Istilah “Grafik Komputer”
ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit
(Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3
Dimensi.
APLIKASI GRAFIK
Aplikasi
komputer grafik mulai berkembang pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an.
Merupakan suatu program komputer yang digunakan dengan menarik sebuah gambar
yang memberikan dimensi baru pada bidang komputer saat itu.
Ada 2
cara nyata yang dapat memasukkan informasi grafik ke dalam komputer menjadi
suatu aplikasi, yaitu :
- Direct Programming Graphics, dengan menuliskannya ke dalam bahasa pemrograman.
- Digitizing (or Graphics) Tablets, dengan menggunakan mouse.
Citra
Adalah
gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu
menjadi gambar diskrit melalui proses sampling. Citra itu sebagai data /
informasi.
Data :
·
- Teks
·
- Citra
·
- Audio
·
- Video / multimedia
Pengolahan Citra
Adalah salah
satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk
melakukan transformasi suatu citra /
gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.
Adapun
perbedaan grafik komputer dan pengolahan citra. Grafik komputer adalah ilmu
yang mempelajari tentang suatu objek gambar. Sedangkan pengolahan citra adalah
mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru.
Contoh
Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
1.
Bidang
hiburan, misalkan pada film, grafik komputer menghasilkan efek animasi yang
baik.
2. Bidang
Pendidikan, grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk
mempresentasikan objek- objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point
ataupun software lainnya.
3. Computer
Art
Computer
art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil
dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak,
desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop,
Corel Painter, GIMP.
4. Video
Game
Video game adalah permainan yang melibatkan
interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa
visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang
sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang
yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console,
hingga mobile devices.
5. Computer-Aided
Design (CAD)
CAD
adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dan
desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak
digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat
elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.
6. Computer-Aided
Sofware Engineering (CASE)
CASE
mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE
digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow
dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi:
Rational Rose, SyBase Power Designer.
7. Virtual
Reality
Virtual
Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user
dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi.
Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan
memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan.
Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk
latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa
mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih
perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
8. Visualisasi
Data
Visualisasi
Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk Mengkomunikasikan
pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik
data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi
dari struktur protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.
Contoh
pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
1.
Bidang
kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui
ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
2.
Bidang
visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan
lain-lain
3.
Mikroskop
elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang
kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop
yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga
menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya.
Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari
mikroskop elektron yaitu digunakan dalam
patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi
organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi dengan
immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis penyakit
ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar