Kemudahan yang ada di Universitas Gunadarma

Gunadarma adalah salah satu Universitas yang masuk peringkat 5 besar dalam Webometrics (http://www.webometrics.info/rank_by_country.asp?country=id). Suatu kebanggaan tersendiri bisa menuntut ilmu di Universitas ini, banyak kemudahan yang di dapat dengan kuliah disini mulai dari kegiatan kemahasiswaan, olahraga sampai kegiatan rohani. Semuanya bisa di dapat dengan mudah di universitas ini, bahkan dalam kegiatan belajar pun kita di permudah lagi dengan adanya internet (wi-fi)yang sudah di sediakan di setiap gedungnya. Berbeda dengan universitas lain gundarma selalu memberikan kemudahan kepada mahasiswanya dalam kegiatan belajar atau administrasi akademik.
Berikut ini adalah beberapa web yang memudahkan mahasiswa dalam kegiatan belajar atau administrasi :
1.       Student Site
Web ini harus di punyai oleh semua mahasiswa Gunadarma, karena sangat penting dan berhubungan dengan mahasiswa yang bersangkutan. Di dalam web ini ada layanan email, kalender akademik, jadwal ujian, informasi BAAK, informasi seminar, rankuman nilai, jadwal kuliah,dll. Selain itu pun biasanya dosen memberikan tugas melalui student site ini kepada setiap mahasiswanya, oleh karena itu web ini sangat penting sekali bagi mahasiswa Gundarma. Namun dari sekian banyak kemudahan yang di dapat dari web ini, menurut saya ada kekurangannya yaitu web ini tidak mempunyai fasilitas Chating.

2.       BAAK Online
Web ini merupakan sarana kita untuk mendapatkan informasi tentang Administrasi Akademik. Di dalam web ini kita bisa mencari tahu nama teman-teman sekelas kita, nama kelas, jadwal ujian, daftar ulang, profile BAAK, daftar mata kuliah, daftar dosen wali kelas, pengurusan ujian bentrok, cuti akademik, pindah lokasi/waktu kuliah, pindah jurusan,dll. Semua yang berhubungan dengan administrasi akademik mahasiswa ada di web ini, sehingga memudahkan mahasiswa untuk mengurusnya.

3.       SAP (Satuan Acara Perkuliahan)
Web ini digunakan mahasiswa Gunadarma untuk melihat pembagian materi mata kuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan) dan berikut tujuan serta buku-buku acuan untuk belajar. Mahasiswa pun bisa melihat mata kuliah yang mereka ambil itu kedudukannya seperti apa, misalnya: Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Keahlian (MKK),dll. Di web ini pun kita bisa melihat tujuan dari mata kuliah yang kita pelajari, nama pengajarnya, teknik pengajaran pengajar, kode mata kuliah,dll.

4.       E-Learning
Web ini digunakan untuk pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan mahasiswa untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. Di web ini pun di sediakan e-book jadi mahasiswa bisa mendownload materi matakuliah yang dia ajarkan oleh dosen.

5.       Library
Web ini digunakan untuk memudahkan mahasiswa atau masyarakat umum untuk meningkatkan pengetahuannya. Karena dengan web ini kita bisa mencari buku literature, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya.

Masih banyak web lagi yang di berikan oleh Universitas ini untuk menunjang kemudahan dalam kegiatan belajar mengajar atau administrasi akademik, oleh karena itu saya bersyukur bisa kuliah di Universitas yang sudah bisa di perhitungkan di Indonesia yaitu Universtas Gunadarma. Cayo Gunadarma…. maju terus tingkatkan terus prestasimu dan selalu lahirkan anak bangsa yang berprestasi. Semoga setelah anda membaca tulisan ini bisa menambah wawasan dan ilmu tentang Gunadarma…amien.
Sumber :
http://sap.gunadarma.ac.id
http://elearning.gunadarma.ac.id
http://library.gunadarma.ac.id
http://winartobm90.wordpress.com/2010/02/10/webometrics-gunadarma-februari-2010/

Penulis : willybadawihardjono ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Kemudahan yang ada di Universitas Gunadarma ini dipublish oleh willybadawihardjono pada hari Selasa, 26 Oktober 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Kemudahan yang ada di Universitas Gunadarma
 

0 komentar:

Posting Komentar