Struktur Pasar (Tugas Softskill)

Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. 
Sedangkan Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Pada analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna (yang meliputi Monopoli, Oligopoli, Duopoli, Monopolistik, Monopsoni)
  1. Pasar Persaingan Sempurna, Terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contohnya : Beras, Gandum, Kentang,dll
  2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Contohnya :
  • Pasar Monopoli, adalah suatu bentuk iteraksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.
  • Pasar Oligopoli, adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, dimana terdapat beberapa penjual/produsen yang mengusai seluruh permintaan pasar.
  • Pasar Duopoli, adalah suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
  • Pasar Monopolistik, adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama.
  • Pasar Monopsoni, adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana permintaannya atau pembeli hanya satu perusahaan.
Sumber :

Penulis : willybadawihardjono ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Struktur Pasar (Tugas Softskill) ini dipublish oleh willybadawihardjono pada hari Rabu, 14 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Struktur Pasar (Tugas Softskill)
 
Reaksi: 

0 komentar:

Posting Komentar