*** MANUSIA ***

Kalau bicara tentang manusia banyak sekali yang bisa kita bicarakan, namun disini saya mencoba menulis tentang beberapa tentang manusia, antara lain :
  •  Posisi Manusia di antar Makhluk lain
Manusia mendiami bumi, menjadi pemimpin di muka bumi ini. Namun, bukan hanya manusia yang hidup di bumi ini melainkan ada makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan, tak lupa juga dengan benda mati yang ada. Mungkin manusia yang lebih dominan, namun sesungguhnya kehidupan manusia sangat bergantung kepada makhluk hidup dan benda mati. Seandainya saja hanya manusia spesies satu satunya yang mendiami bumi mungkin hanya dalam beberapa jam saja spesies manusia kan punah. Sayangnya, sekarang ini secara tidak langsung dan perlahan lahan manusia mulai melupakan statusnya sebagai sesama makhluk Tuhan dan bahkan semua ini dapat menghancurkan manusia sendiri.

Sesungguhnya manusia diciptakan oleh Allah SWT adalah paling sempurna dibandingkan dengan makhluk yang lainya, termasuk diantaranya Malaikat, Jin, Iblis, Binatang. namun terkadang ada saja manusia yang kurang bersyukur akan apa yang telah diberikan oleh tuhannya, sebagai contoh : badan yang sudah bagus ternyata di gambar-gambar (tato), walaupun itu adalah seni tapi menurut saya mereka itu kurang bersyukur akan apa yang telah diterimannya, karena seseorang yang mengubah bagian tubuhnya dengan sengaja bukan karena operasi / kecelakaan maka manusia itu tergolong manusia yang kurang bersyukur.

Sebagaimana yang Allah jelaskan dalam beberapa ayat berikut ini :
1.   Allah menciptakan manusia dengan fasilitas fisik amat sempurna. لَقَدْ خَلَقْنَا الإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ (4) Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya (amat sempurna) 94) (Q.S. Attin (5): 4)
2.   Allah juga telah membekali manusia dengan empat alat super jenius dan canggih, yakni pendengaran, penglihatan, pikiran dan hati, seperti yang Allah firmankan : قُلْ هُوَ الَّذِي أَنْشَأَكُمْ وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالأَبْصَارَ وَالأَفْئِدَةَ قَلِيلا مَا تَشْكُرُونَ (23) Katakanlah: "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur. (23) (Q.S. Al-Mulk (67) : 23)
  • Aspek – aspek Manusia
Menurut saya manusia terdiri atas beberapa aspek antara lain : Aspek keyakinan, Aspek mental, Aspek pemikiran, Aspek jasmaniyah.

a)  Aspek Keyakinan
Yang dimaksud dgn aspek keyakinan adalah hal-hal yg berhubungan dgn kemampuan seseorang untuk meyakini kebenaran Dienul Islam. Sasaran pembinaan Setiap muslim dan muslimah wajiblah memiliki keyakinan yg teguh mengenai kebenaran ajaran Islam.

b)   Aspek Mental
Yang dimaksud dgn aspek mental adl kemampuan seseorang utk mengendalikan perasaannya dalam berbagai situasi.

c)   Aspek Pemikiran
Yang dimaksud dgn aspek pemikiran adalah kemampuan seseorang untuk mendekati masalah serta memecahkannya dgn menggunakan kegiatan berfikir.

d)   Aspek Jasmaniyah
Yang dimaksud aspek jasmaniah adalah hal ihwal yang berhubungan dengan tubuh manusia.

  • Daya Manusia
Daya manusia adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.

  • Tipologi Manusia
Dalam Tipologi Manusia, manusia di bagi menjadi dua golongan yaitu : Manusia Beriman dan Manusia tidak Beriman.

·         Manusia Beriman
-      Mempunyai tujuan kehidupan mencari keridhaan Allah Tuhan Pencipta, dan mencari kebahagiaan dunia dan akhirat untuk diri, keluarga, masyarakat dan umat manusia.
-      Gaya hidup memakan makanan dan minuman yang Halal
-     Mempunyai akhlak yang selalu mendahulukan kepentingan orang lain bukan individu
-     Mempunyai cara pandang bahwa dunia dan seiisinya adalah fasilitas hidup yang diciptakan Tuhan Pencipta sebagai deposito atau bekal menuju kehidupan Akhirat yang abadi

·         Manusia Tidak Beriman
-    Mempuanyai tujuan hidup hanya kepuasan hawa nafsu semata dan mencari kebahagiaan dunia saja dengan berbangga – bangga dengan harta dan kedudukan.
-     Gaya hidup memakan makanan dan minuman apa saja (halal dan tidak halal)
-    Mempunyai akhlak materialistic, individualistik dan egoistik segala sesuatu di dasarkan materi dan kepentingan pribadi
-    Mempunyai cara pandang bahwa dunia dan seisinya adalah tujuan hidup yang harus di raih sebanyak mungkin untuk kepuasah hawa nafsu dan kebutuhan duniawi saja.

Demikian sekilas tentang Manusia, tujuannnya adalah agar kita sadar bahwa begitu amat sempurna kita diciptakan oleh Tuhan ke dunia, dan ingat lah bahwa kita mempunyai posisi lebih tinggi diantara makhluk lainnya jadi jangan lah sekali-kali kita bertindak atau berperilaku seperti makhluk lain (syetan, binatang,dll). Dan ingat lah pula bahwa walaupun kita di ciptakan (maaf..) cacat, buta, tuli,dll. Namun Tuhan pasti memberikan kelibihan lain buat kita, ingatlah satu hal bahwa Tuhan percaya pada kita makanya kita di lahirkan ke dunia ini oleh karena itu sudah sepantasnya kita menjaga kepercayaan yang tuhan kasih kepada kita.
Terima kasih,Semoga bermanfaat….

Sumber :
http://blog.re.or.id/amal-yaumi-setiap-muslim.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_manusia

Penulis : willybadawihardjono ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel *** MANUSIA *** ini dipublish oleh willybadawihardjono pada hari Minggu, 27 Februari 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan *** MANUSIA ***
 
Reaksi: 

0 komentar:

Posting Komentar