CINTA KASIH

Kalau kita berbicara tentang “Cinta” banyak sekali artinya ada yang bilang rasa suka, saying, tertarik dan sebagianya. Terkadang kita pun tidak mengetahui kapan datangnya Cinta itu dan kapan Cinta itu pergi, tapi kita sebagai manusia hanya bisa merasakan Cinta itu sendiri. Saat Cinta itu dating betapa bahagianya hati ini seakan-akan kita mendadak seperti pujangga yang mampu menuliskan kata-kata cinta dalam hitungan detik. Namun saat Cinta itu mulai beranjak pergi dari hati, kita seakan seperti seseorang yang lemah dan menganggap kita hanya sendiri di dunia ini, semua orang dianggap tidak ada dia hanya memikirkan kesedihannya dan terus menerus menangis merasakan sakit di dalam hati.
Tau kah kalian semua didalam kitab suci Al Quran ditemui adanya fenomena Cinta yang bersembunyi dalam jiwa Manusia. Cinta memiliki 3 tingkatan yaitu Tinggi, Menengah dan Rendah. Cinta tingkat Tinggi adalah Cinta kepada Allah, Rasulallah dan berjihad dijalanAllah. Cinta tingkat Menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat. Cinta tingkat Rendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal.
Hah.. memang cape kalo membahas ini gak ada habisnya, semua orang pasti berpendapat berbeda-beda. Namun di tulisan saya tidak akan membahas kenapa …. Dan kenapa Cinta itu? Tapi yang akan saya bahas adalah “Macam-macam Cinta”, sbb :

Pengertian Cinta Kasih
Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang kepada seseorang atau kepada Tuhan. Sedangkan kata Kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka atau sayang kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan.

Pengertian Kasih Sayang
Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggungjawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya,saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur tanggungjawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu.

Pengertian Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam.
Kemesraan juga bisa diartikan adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang.

Pengertian Pemujaan
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Namun pemujaan juga sering di salah gunakan oleh manusia untuk memuja yang selain Tuhan, misalnya Syetan, Jin, Hal-hal gaib atau pun memuja orang lain. Pemujaan seperti itu bukanlah pemujaan yang sebenarnya melainkan menyimpang dari arti yang seharusnya, karena pemujaan yang sebenarnya adalah pemujaan yang di dasarkan atas cinta manusia kepada Tuhannya bukan kepada makhluk lain. Salah satu bentuk pemujaan yang benar adalah Ibadah Sholat dan Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Semoga setelah membaca tulisan ini teman-teman bisa lebih tahu lagi pengertian dari Cinta Kasih, Kasih Sayang, Kemesraan dan Pemujaan. Semoga bisa mengimplementasikannya dengan baik dan menambah wawasan bagi teman-teman semua. Thanks…

Penulis : willybadawihardjono ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel CINTA KASIH ini dipublish oleh willybadawihardjono pada hari Senin, 04 April 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan CINTA KASIH
 
Reaksi: 

0 komentar:

Posting Komentar