Manfaat Puasa Bagi Tubuh

Para ahli telah merumuskan beberapa manfaat puasa bagi kesehatan antara lain sbb:

PUASA MENGISTIRAHATKAN SISTEM PENCERNAAN.

          Para ulama muslim maupun para pakar kesehatan menyatakan bahwa sumber dari segala penyakit yang sulit diobati adalah memasukkan makanan di atas makanan. Artinya makanan yang satu belum tercerna dengan baik di lambung sudah dimasuki lagi makanan yang lain dan seterusnya. Sehingga mesin pencernaan terus bekerja tanpa ada waktu untuk rehat, reses, releks, dan beristirahat sama sekali. Apalagi makanan yang masuk ke lambung serigkali belum lumat benar akibat cara makan  kita tergesa-gesa. Semestinya ketika masih berada di mulut makanan dilumat dengan gigi dan geraham serta dibolak-balik, sehingga tercampur dengan air liur. Cara makan seperti ini agar makanan mudah hancur dan bibit penyakit bisa terbunuh.
           Berpuasa berarti memberikan kesempatan kepada organ-organ pencernaan seperti lambung, usus, dan lever, gunjal dsb. Dengan berpuasa organ tubuh mengalami interval terpelihara. Daya tahan tubuh dan taraf kesehatan menjadi prima dan terjaga.

            Kondisi pncernaan yang sudah baik dengan berpuasa ini jangan dirusak dengan makan besar ketika berbuka puasa, karena melampiaskan "dendam" terhadap rasa lapar seharian. Ini akan menjadi efek kejut yang berdampak tidak baik terhadap kesehatan.

PUASA MEMBERSIHKAN TUBUH DARI RACUN, KOTORAN DAN AMPAS

Pada tubuh manusia terdapat sampah berbahaya seperti tinja, CO2, dan keringat. Oleh karena itu tubuh akan terancam bahaya, jika mengalami sembelit yang disebabkan oleh menumpuknya sisi makanan di usus, yang pada akhirnya ampas tersebut terserap kembali oleh tubuh.
           Dengan membatasi  suplai makanan melalui puasa, maka penumpukan racun, kotoran dan sampah di dalam tubuh akan dicegah, sehingga tubuh dapat bersih dari racun, kotoran dan ampas.. Mengingat pentingnya hal tersebut maka pembatasan makanan tidak hanya pada saat puasa tetapi juga ketika tidak puasa.

PUASA MEMPERCEPAT REGENERASI SEL-SEL TUBUH

               Setiap tubuh  mengalami metabolisme energi, yaitu peristiwa perubahan zat gizi menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Sisanya akan disimpan di dalam tubuh, sel ginjal, sel kulit, pelupuk mata serta dalam bentuk lemak dan glikogen. Cadangan inilah yang akan dibakar menjadi energi, jika tubuh tidak mendapat suplai dari makanan luar. Ketika berpuasa cadangan tersebut akan dipakai, sehingga melegakan organ-organ penyimpanannya, termasuk sel-sel pembentukannya sehingga sel-sel tersebut punya waktu untuk memperbaharui diri. Peristiwa tersebut dinamakan peremajaan sel. Oleh karena itu tidaklah mengherankan bila seseorang yang sering puasa kulitnya menjadi segar dan lembut.

PUASA MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

    Menurut hasil penelitian di Universitas Osaka Jepang, ketika orang berpuasa memasuki hari ketujuh jumlah sel darah putih akan meningkat. Pada hari pertama sampai keenam tidak diketemukan peningkatan tersebut, namun pada hari ketujuh penambahan berlangsung sangat pesat. Peningkatan sel darah putih ini secara otomatis meningkatkan kekebalan tubuh. Sel sel ini berfungsi melawan peradangan yang ada, sehingga banyak penyakit peradangan tersembuhkan dengan berpuasa, seperti ragang tenggorokan, radang hidung dll.
      Puasa juga dapat mendorong tubuh agar memblokir pertumbuhan parasit-parasit yang merugikan, karena mereka menghabiskan suplai makanan. Dengan menghentikan suplai makanan, kuman-kuman penyakit, bakteri-bakteri, dan sel-sel kanker tidak dapat bertahan hidup. Mereka akan keluar melalui cairan tubuh bersama sel-sel yang telah mati
   Demikianlah puasa ternyata sangat bermanfaat bagi barangsiapa yang melakukannya dengan keikhlasan, yakni dengan sepenuh jiwa dan raganya. Nilai-nilai puasa yang sangat dalam harus benar-benar diinternalisasikan di dalam diri kita agar puasa tidak hanya mendatangkan lapar dan dahaga saja, tetapi juga mendatangkan ridhla-Nya dan juga manfaat yang lain, termasuk manfaat kesehatan, utamanya terhadap sistem kekebalam tubuh.

Sumber :
http://joyosukarto.blogspot.com/

Penulis : willybadawihardjono ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Manfaat Puasa Bagi Tubuh ini dipublish oleh willybadawihardjono pada hari Jumat, 05 Juli 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Manfaat Puasa Bagi Tubuh
 
Reaksi: 

0 komentar:

Posting Komentar