Manfaat Berwudhu bagi Tubuh kita

     Bagi umat muslim, mungkin kita sudah tau apa itu wudhu. Wudhu adalah salah satu syarat wajib kita untuk bisa beribadah kepada Allah SWT. Tapi apakah kita tau manfaat dari berwudhu itu sendiri, karena kebanyakan orang hanya tau wudhu adalah membersihkan diri kita dari kotoran atau debu yang menempel dari tubuh kita.

"Sungguh ummat-Ku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhunya." (HR Bukhari dan Muslim).

     Sampai ada seorang doktor di London yang bernama Dr. Ahmad Syauqy Ibrahim. Menyatakan setelah melalui eksperimen yang panjang, ternyata orang yang selalu berwudhu mayoritas hidung mereka lebih bersih, tidak terdapat mikroba.
  1. Rongga hidung bisa mengantarkan berbagai penyakit, dari hidung. Kuman masuk masuk ke tenggorokan dan terjadilah berbagai radang dan penyakit, apabila jika sampai masuk ke dalam aliran darah. Mungkin inilah hikmah kita disuruh memasukan air sebanyak tiga kali ke dalam hidung kemudian menyemburkannya setiap kali kita berwudhu.
  2. Berkumur-kumur dimaksudkan untuk menjaga kebersihan mulut dan kerongkongan dari peradangan dan pembusukan pada gusi. Berkumur menjaga gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel.
  3. Membasuh wajah dan kedua tangan sampai siku, serta kedua kaki memberi manfaat menghilangkan debu-debu dan berbagai bakteri. Dan sudah terbukti secara ilmiah penyakit tidak akan menyerang kulit manusia kecuali apabila kadar kebersihan kulitnya rendah.
     Dari segi rohani, wudhu menggugurkan 'daki-daki' yang menutupi pahala. Bersama air wudhu, dosa-dosa kita dibersihkan, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda : "Apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, tatkala ia membasuh wajahnya keluarlah dari wajahnya seluruh dosa yang dilakukan matanya bersamaan dengan air itu atau dengan tetesan terakhirnya. Dan apabila dia membasuh dua tangannya maka akan keluar seluruh dosa yang dilakukan tangannya bersamaan dengan tetesan air yang terakhir. Apabila dia membasuh dua kakinya maka keluarlah seluruh dosa yang telah dilangkahkan oleh kakinya bersama air atau tetesannya yang terakhir sehingga dia selesai wudhu dalam bersih dari dosa-dosa." (HR Muslim).

     Bahkan apakah kalian tau kalau kita berwudhu dahulu sebelum tidur maka malaikat selalu menemani tidur kita sampai kita terbangun. Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap 'Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan suci." (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

     Begitu besarnya allah mengajarkan kita berwudhu demi untuk kebagikan kita, sungguh Allah maha sayang dengan kita, sampai yang maha kuasa memperhatikan sampai sedetil itu untuk kita agar kita terhindar dari penyakit, namun sayang kita sajalah yang sering tidak memahami kasih sayang Allah kepada kita. Maka semoga dengan membaca tulisan ini kita tegakkan kembali berwudhu dalam keseharian kita. Jaga Wudhu kita....
sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/51a66928562acf155200000d/keajaiban--manfaat-wudhu/

Penulis : willybadawihardjono ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Manfaat Berwudhu bagi Tubuh kita ini dipublish oleh willybadawihardjono pada hari Senin, 10 Juni 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Manfaat Berwudhu bagi Tubuh kita
 
Reaksi: 

0 komentar:

Posting Komentar